Hukum Seputar Mempelajari Bahasa Inggris

Bismillah…

Demikian adalah fatwa Syaikh Al Utsaimin rahimahullah seputar hukum mempelajari bahasa inggris..

Hukum Mempelajari Bahasa Inggris Saat ini

Syaikh rahimahullah ditanya tentang hukum mempelajari bahasa inggris pada waktu sekarang

Beliau menjawab: Mempelajarinya hanyalah sebagai wasilah (perantara/alat), maka apabila engkau memerlukannya sebagai alat untuk mengajak manusia kepada Allah terkadang (hukumnya) menjadi wajib. Tetapi jika engkau tidak memerlukannya maka janganlah menyibukkan waktumu untuk itu, tetapi sibukkanlah dengan pelajaran yang lebih penting dan lebih bermanfaat. Kebutuhan manusia itu berbeda beda dalam mempelajari bahasa Inggris. Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam telah memerintahkan Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu untuk mempelajari bahasa Yahudi.

Maka mempelajari bahasa inggris hanyalah sebagai salah satu alat. Jika engkau memerlukannya maka boleh mempelajarinya, jika tidak perlu, maka janganlah engkau sia-siakan waktumu untuk itu.

Hukum Mempelajari Bahasa Inggris Terutama Untuk Berdakwah Mengajak Manusia Kepada Allah

Syaikh rahimahullah ditanya: Bagaimana pendapat anda tentang seorang penuntut ilmu mempelajari bahasa Inggris terutama untuk berdakwah mengajak manusia kepada Allah?

Beliau menjawab: Kita melihat bahwa mempelajari bahasa inggris  hanyalah washilah, tanpa diragukan. Bisa menjadi wasilah (perantara) yang baik, jika hal itu untuk tujuan yang baik dan bisa juga jelek jika tujuannya jelek. Akan tetapi sesuatu yang wajib dijauhi adalah mengambilnya sebagai pengganti bahasa arab sehingga sebagian orang bodoh berbicara dengan bahasa inggris sebagai pengganti bahasa arab sehingga sebagian orang bodoh lagi merugi itu menganggap mereka sebagai pengekor orang lain, mereka mengajari anak anak mereka cara penghormatan orang kafir. Mereka mengajarkan ucapan “bye-bye..” ketika berpisah, dan yang serupa dengannya. Karena mengganti bahasa arab yang merupakan bahasa AlQur’an sebagai bahasa yang paling mulia adalah haram. Dan telah shahih dari kalangan salaf tentang larangan berbicara dalam bahasa asing (selain Arab) padahal mereka bukan arab.

Adapun menggunakan bahasa inggris sebagai wasilah bagi dakhwah, maka tidak diragukan lagi bahwa hal tersebut terkadang menjadi wajib. Saya tidak mempelajarinya dan dahulu saya berharap dapat mempelajarinya karena saya temukan beberapa kesempatan bahwa saya amat membutuhkannya sehingga penerjemah pun tidak mungkin mengungkapkan apa yang ada didalam hati saya secara sempurna.

Saya akan ceritakan sebuah kisah kepada kalian yang terjadi di masjid bandara di Jeddah beserta beberapa tokoh Islam. Kami berbicara setelah shalat subuhtentang mahdzabbatil dan kufur dalam Islam. Kami berbicara dengan apa yang saya ketahui tentang mahdzab itu. Lalu datangah seseorang dan berkata, “Saya ingin anda mengizinkan saya untuk menerjemahkan dengan bahasa Husa.” Lalu saya berkata, “Tidak apa apa.” Lalu ia menerjemahkannya. Lalu masuklah seorang laki laki dengan tergesa gesa lalu berkata: Orang yang menerjemahkan ucapan anda ini memuji muji madzab Tijaniyyah.” Saya pun tercengang dan berkata, “Inna lillahi wa innah ilaihi raaji’uun” seandainya saya mengetahui bahasa ini, maka saya tidak membutuhkan orang orang penipu ini.” Kesimpulannya, bahwa mengetahui bahasa lawan bicara -tidak diragukan lagi bahwa itu- sangatlah penting dalam menyampaikan informasi. Allah ta’aala berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَا مِن رَّسُولٍ إِلاَّ بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ فَيُضِلُّ اللّهُ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya , supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.” Qs. Ibrahim : 4

About these ads

3 thoughts on “Hukum Seputar Mempelajari Bahasa Inggris

  1. Pingback: Diskusi antara seorang syaikh dengan Misionaris | Kaleng Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s