Enhance Your English Ability!!: Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda!!

eng-USBismillah…

Ini adalah tips tips dari saya pribadi, bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Apa apa yang saya beberkan disini kemungkinan hasilnya berbeda pada setiap orang

Pertama tama, kuncinya adalah SUKA atau Cinta dengan bahasa inggris. Sebagaimana kita suka atau mencintai seseorang maka kita akan menaruh perhatian kepadanya.

Kedua yaitu banyak banyak berkecimpung, berurusan atau bahasa arabnya (kata seorang shahabat) Mumarosah dengan bahasa Inggris. Puncak dari bermumarosah dengan bahasa inggris adalah tinggal di lingkungan yang berbahasa inggris. Tidak, tidak, … tidak mesti tinggal di London sana. Tapi kita juga bisa menciptakan atmosfer bahasa inggris itu sendiri, seperti membuat kesepakatan dengan orang orang sekitar kita.

Dua point diatas adalah kunci UMUM untuk meningkatkan bahasa Inggris kita. Namun zaman sekarang ini kemampuan berbahasa inggris kita diukur dari skor TOEFL atau IELTS kita. Bagaimana meningkatkan skor tersebut? ada beberapa tips yang bisa dicoba.

How to Enhance Your TOEFL score happily??


– Untuk bagian soal Structure, saran saya adalah banyak banyak baca artikel bahasa inggris, artikel apapun, biar timbul ‘sense of structure of English‘ jadi nanti otak otomatis merekam struktur kalimat yang benar, sehingga kedepannya, kalau menjawab soal2 structure cukup menggunakan perasaan saja. Untung saja kalau soal structure tidak pernah ditanya, alasannya kenapa, dan bagaimana karena sesungguhnya saya juga tidak terlalu hafal dengan 16 kaidah tenses itu . Cukup dirasa, “..hmm kayaknya ini ga disini deh…” atau “..biasanya ga pake ini…”

– Untuk bagian Reading, Saran saya adalah dengan sering2 baca artikel ilmiah – populer dalam bhs inggris (sebagaimana yg kita temui kalo Reading, wacana yang diambil adalah isu isu global yang populer) dan tidak ragu2 dan malas buka-tutup kamus. Nanti, lama lama buka kamusnya akan semakin jarang, in syaa Allah. Dan (kalo ada waktu) coba baca2 jurnal ilmiah karena biasanya bacaan dalam reading ini banyak diambil dari jurnal2 kesehatan, lingkungan, dan bahasanya agak susah, dan banyak kata2 tidak umum.

-Untuk soal Listening, caranya adalah ‘akrab’ dengan bahasa inggris yang tidak baku. Ini bisa diperoleh dengan ngobrol/chatt dengan orang2 ‘luar’ atau gabung ke grup diskusi2 di internet. Kita akan menemukan banyak bahasa bahasa tidak baku didalamnya. Awal awalnya wajar saja kalau kita bingung dan tidak ngerti maksudnya, karena kadang di kamus tidak ada. Tapi lama kelamaan juga ngerti, insyaaAllah. Sebenarnya, menonton film, juga sangat berguna. begitu juga menela’ah teks teks lagu mancanegara, karena didalamnya kita temui banyak sekali bahasa bahasa tidak baku. tapi gimana ya.. jangan deh… takut terlalaikan… jangan yaaa…

Terus, kunci dari semuanya itu konsentrasi, jangan ngantuk. kalau perlu, semalam sebelum tes tidak usah belajar, jangan begadang, biar segar. Pengalaman saya, tes TOEFL setelah selesai kuliah dari pagi jam 7 sampai siang, lalu setelah istirahat siang tes TOEFL, malah ketiduran pas bagian listening karena ruangannya sungguh nyaman, ber AC, hanya ada suara listening saja. Jangan juga bergadang karena akan bikin kepala berat dan ketiduran juga.

Ada tips tambahan dari saya supaya makin menguasai bahasa inggris :

1). Coba pikirkan segala hal semuanya dalam bahasa inggris. jadi semacam… “English Your Life…” gitu.

2).  Ikut IELTS Preparation saja langsung…. Kenapa?

Sedikit mengenai TOEFL dan IELTS, keduanya adalah nilai kemampuan bahasa inggris seseorang diatas kertas’ di zaman sekarang. Skor TOEFL berkisar 400 – 650, sedangkan IELTS berkisar 3 – 9. Jika TOEFL Test hanya mencakup Reading, Listening dan Structure, dan cenderung pasif maka IELTS sedikit lebih rumit dan kita dituntut aktif. Didalamnya ada Listening, Reading, Writing, dan Speaking. IELTS umumnya dipakai di Eropa whilst TOEFL umumnya di Amerika.

Ada dua hal yang tidak ditemukan di TOEFL pada IELTS, yaitu Speaking, berupa interview langsung, biasanya langsung oleh native speaker (Whuiihhh) untuk mengukur kemampuan kita dalam berbahasa inggris secara oral. Ada juga yang tidak kalah sulitnya yaitu Writing, yang didalamnya sudah mencakup Structure pada test TOEFL. Jadi kita bukan hanya membenarkan atau menyalahkan seperti di tes TOEFL, tapi kita mesti pandai pandai merangkai kata kata sesuai dengan kaidah kaidah bahasa Inggris yang benar dan efektif. Writing disini ada dua sesi (Dua sesi??!!!) iya, dua sesi. Sesi pertama adalah Men-describe– kan grafik/chart, sesi 2 adalah tentang pendapat kita mengenai suatu hal. Masing maing dari keduanya ditulis minimal 200 kata dan tanpa pengulangan kata. Noo repetation. tapi kalo ga tau ya silakan saja diulang ulang terus. .. dan anda menemukan skor anda rendah.

Izinkan saya berbagi pengalaman saya, 2004 waktu baru tiba di jogja, saya bermaksud untuk mencari tempat kursus bahasa inggris. Tapi maksudnya yang ‘general english course’ saja. Soalnya sejak dulu belum pernah ikut les bahasa inggris sama sekali. TOEFL saja belum pernah. Beruntung ketika itu tes masuk kuliahnya ga pakai tes TOEFL. Tapi, seandainya pake juga gapapa sih. Lalu teman saya, orang yang pertama kali saya kenal di kota asing waktu itu, seorang mahasiswa S3 merekomendasikan untuk ambil IELTS Preparation. Ketika itu saya tidak tahu apa itu IELTS. Beliau hanya bilang, ‘ini lebih bagus dari TOEFL..’ Saat itu saya nurut nurut saja, dan saya pun mendaftarkan diri.

Saat hari pertama, ternyata semua peserta di test Listening, Reading, Writing, dan Speakingnya. Dan tentu saja hasil saya buruk sekali. Lalu saya lihat, pesertanya koq sedikit sekali. cuma 5 – 6 saja; kalau berangkat semua juga ga sampai sepuluh orang. Dan waktu ditanya satu persatu alasan ikut IELTS preparation rata2 menjawab, ingin mencari beasiswa di Inggris.. mencari kerja di Eropa.. Ouch… koq… alasannya hebat hebat gini.. Belakangan saya baru tahu. hihihi… Tidak apa2. Akhirnya saya lanjut teruss. Dan juga disebabkan karena ikut les inilah saya sempat punya cita cita kuliah di Inggris sana, karena untuk urusan Ilmu Lingkungan (Environmental Science), mereka baguss sekali – kata dosen ilmu lingkungan saya. Tambah lagi salah satu native speaker IELTS ketika itu adalah orang yang bekerja di institusi pendidikan di Scotland. Makin melayang layang rasanya. Trus? Koq ga jadi? karena suatu alasan, saya tidak jadi mengejar impian saya itu. Alhamdulillah atas segala kenikmatan dari Allah ketika itu hingga saat ini..

O, iya. Terus, dalam IELTS preparation, tidak lagi dibahas tentang Tenses2 tapi praktek langsung ngomong, berinteraksi di kelas  dengan bahasa inggris. Jadi ga ada lagi urusan sama Grammar2 gitu. Preparationnya cuma 2 bulan. Tapi setelah saya melalui 2 bulan yang super sulit itu dan bikin sakit kepala itu, (saya sungguh sungguh sakit kepala, apalagi setelah test itu. Hampir hampir terjatuh ketika bangkit dari kursi waktu itu) saya merasa kemampuan bahasa inggris saya meningkat tajam.. Dan saya coba2 ikut tes TOEFL, hasilnya pun baguslah🙂 )

8 thoughts on “Enhance Your English Ability!!: Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda!!

  1. Jazakillahukhairan infonya Dek. Tapi sayangnya semenjak ana kuliah jadi sebel sama inggris, krn ga bisa bisa, dapetnya C terus. padahal dulu nilai NEM sekolah bagusnya di bhs inggris. Dek leliy posting tulisan inggris aja, biar saudara kita yang dari luar negeri bisa nyimak.

  2. De, tapi tuh ahsan yang “telaah” teks2 lagu atawa nonton pelm di skip aja deh, diganti yang lebih mendekati “syar’i” yo? masalaeh op? ntar orang yang baca ini bisa salah paham, terlebih jika dia memang tahu bahwa dikau bermanhaj salaf, bisa jadi dia mengira bahwa itu merupakan ungkapan “pembenaran” tentang myusik und pelm

  3. Anda ingin mendapatkan TOEFL 500 bahkan lebih dengan cara lebih mudah?
    Pintar saja tidak cukup untuk menaklukan TOEFL…Anda perlu strategi jitu untuk mendapatkan TOEFL diatas 500
    Pelajari trik, tips dan strategi mendapatkannya dengan cara lebih muda
    Saya sudah membuktikan, hanya dengan belajar 1,5 bulan strategi ini ternyata cukup ampuh mendapatkan TOEFL 526
    Jangan ragu, ayo segera pelajari konsepnya DI SINI
    Tips ini sangat ampuh meningkatkan skor Listening (ini paling sulit bagi yg tidak tau strategi menaklukannya), Structure – Written Expression serta Reading Comprehension
    Tunggu apa lagi KLIK DI SINI

  4. belajar bahasa inggris biar bisa dakwah secara hikmah sm orang kafir dari negeri barat sana.. terkadang dari bergaul dan ngobrol nyante2 bisa mepet2 ke diskusi keislamana. imho

Leave a Reply

