Tanda Tanda Hasil Istikhoroh

Bismillah …

Pertanyaan diajukan seorang ikhwan di saudi arabia kepada Lajnah Daimah Lil Buhuts al-Ilmiyyah wal Ifta’ no 8867

Pertanyaan: Sehubungan dengan shalat istikhoroh, untuk suatu pekerjaan atau kebutuhan atau suatu hal, apakah disyaratkan menghafal do’a yang ada contohnya dari Nabi Muhammad shalallahu ‘alayhi wasallam (doa istikhoroh) ataukah mungkin boleh membaca tulisan dan dibaca sesudah menunaikan shalat. bagaimana (tanda tanda) yang bisa saya ketahui atau rasakan bahwa Allah mununjukkan saya untuk melakukan perbuatan itu atau meninggalkannya? Wahai Syaikhuna yang mulia, saya berhaarp mendapatkan penjelasannya

Jawaban: Kamu boleh menghafal do’a itu atau membacanya dari tulisan rapi kamu wajib memahami maknanya dan meresapinya dalam hati juga disertai rasa khusyu’ dan benar benar haya memohon kepada Allah semata. Dan disyari’atkan setelahnya hendaknya engkau meminta nashihat kepada orang yang berilmu, orang yang sering menashihati dan punya pengalaman dien (agama) yang cukup, kapan saja ada kemantapan di hatimu pada salah satu diantara dua perkara itu, itulah tanda bahwa Allah telah memberikan pilihan bagimu dari perkara itu. (Lihat Fatwa Lajnah Daimah 10/144)

Tambahan :

DOA SHALAT ISTIKHARAH

Jabir bin Abdillah y berkata: Ada-lah Rasulullah T mengajari kami shalat Istikharah untuk memutuskan segala sesuatu, sebagaimana mengajari surah Al-Qur-an. Beliau bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu mempunyai rencana untuk mengerjakan sesuatu, hendaknya melakukan shalat sunah (Istikharah) dua rakaat, kemudian baca-lah doa ini:

((

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ،

وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ،

وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ،

فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ،

وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ،

وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.

اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ

وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ

خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ

أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ

فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ،

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ

أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ

فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ

وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ))

.

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi perso-alanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, se-sungguhnya Engkau Mahakuasa, se-dang aku tidak kuasa, Engkau mengeta-hui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendak-nya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terha-dap diriku atau -Nabi T bersabda: …di dunia atau akhirat- sukseskanlah untuk-ku, mudahkan jalannya, kemudian beri-lah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, per-ekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja keba-ikan itu berada, kemudian berilah kere-laanMu kepadaku.”[1]

Tidak menyesal orang yang beristi-kharah kepada Al-Khaliq dan bermusya-warah dengan orang-orang mukmin dan berhati-hati dalam menangani perso-alannya. Allah Ta’ala berfirman:

“… dan bermusyawarahlah kepada mereka (para sahabat) dalam urusan itu (peperangan, perekonomian, politik dan lain-lain). Bila kamu telah membulatkan tekad, bertawakkallah kepada Allah…” (Ali Imran, 3: 159)


[1] HR. Al-Bukhari 7/162.

2 thoughts on “Tanda Tanda Hasil Istikhoroh

  1. Assalamu’alaykum warohmatullah wabarokaatuh…

    ijin copy artikelnya yaa ukhty al mahbubah…^^
    untuk menambah koleksi artikel ana…

    jazakillahu khoyran wa baarokallahu fiikum…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s