Corelous Daisy [Bikin Daisy Pakai Corel]

Bismillah..

Corelous Daisy, Maksud saya mengambil judul ini adalah daisy yang bersifat (adj) ‘Corel’, atau daisy yang dibuat dari Corel, thus berupa vektor. Wonder how? lihat sekilat pameran berikut ini:

Gimana caranya??? Percayalah, caranya mudah sangaad. Prinsip utamanya hanya terdiri dari 3 langkah dasar, in syaa Allah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Polygon. Iya, gunakan polygon,

Poligon diatas saya pilih poligon dengan 10 sudut. Sudut ini bisa diatur, ingin di tambah atau dikurangi. Semakin banyak sudutnya, maka petal atau kelopak atau helaian bunga yang terbentuk akan semakin banyak. The more angle you add, the more petal you got. Pengaturan sudut polygon ini dapat dicari  di toolbar di bagian atas. Default setting nya 8 sudut. Coba lihat di gambar.

2. Sekarang adalah tahap mengubah poligon tersebut menjadi kelopak kelopak bunga. Caranya adalah dengan memakai distortion.

Saya menggunakan Corel DRAW versi 14. Pada versi ini, ada beberapa jenis distorsi. Kali ini gunakan ‘push and pull’ distortion. Saya belum pernah mencoba di versi2 sebelumnya.

Setelah itu, mulai gunakan efek ini. Caranya adalah, meng-klik bagian tengah polygon, tahan, lalu tari ke arah luar sehingga akan menimbukan bentukkan seperti ini:

Lihat, sudah tampak bentuk bentuk daisy sederhananya. Semakin ditarik keluar, semakin ‘dalam’ kelopak yang terbentuk. Suka suka saja, tergantung kebutuhan.

3. Finishing adalah tahap selanjutnya.

Langkah langkah finishing ini sangaaad luas. Anda bisa berkreasi banyak sekali dengan dua tekhnik dasar diatas. Barangkali hanya ingin membuat sebuah white daisy ‘kurus’ sederhana, maka tinggal mewarnai background, outline nya diganti warna abu abu, lalu tambahkan sebuah lingkaran bergradasi pada tengahnya yang kira2 jadinya seperti ini:

Atau, letakkan daisy di sudut halaman, tambahkan ‘lidah – lidah’ brush.. yang mungkin jadinya kayak gini:

Intermediate

Lalu. Jika merasa daisy daisy diatas terlalu ‘kaku’, tidak ‘hidup’, maka cobalah modifikasi tekhnik diatas. Misalnya dengan menarik distorsi tidak dari tengah, tapi agak ke kiri sedikit sehingga menghasilkan bentukkan kelopak yang tidak simetris. Lalu juga, manfaatkan tekhnik copy-paste [thanks for the inventor of copy – paste; what a useful stuff..!] agar menghasilkan kelopak yang terkesan ‘numpuk numpuk’ dan tidak beraturan.  Coba lihat ini:

Pada gambar diatas, saya memilih polygon dengan jumlah sudut 8 saja, lalu saya menariknya tidak tepat di bagian tengah tapi agak ke kiri; setelah itu, bentukan tersebut di copy – dan segera di paste disitu juga, (sehingga ada 2 tumpuk) lalu, setelah itu gunakan ‘rotation‘ [klik  sekali lagi maka akan muncul pilihan rotasi], dan jangan lupa, poros dari rotation itu di pas kan pada bagian tengah daisy, lalu di putar. Jika masih kurang ramai, maka paste sekali lagi, lalu rotasikan lagi. Setelah di warnai, maka akan memperoleh daisy yang menurut saya mirip telur mata sapi ^_^ sebagai berikut:

Advanced

Atau, mau yang advanced, coba kita membuat Gerberarian Daisy, daisy warna warni, besar, indah dari benua Afrika ini. Coba lihat foto asli daisy (sebelah kiri) dan hasil vektornya (kanan):

Pertama tama, sebuah daisy diatas terdiri dari beberapa komponen; perhatikan gambar berikut:

Komponen [1], cara bikinnya standar saja, mengikuti prosedur diatas. Tapi ini menggunakan 2 tumpuk daisy, dan daisy yang atas diberi shadow effect biar agak agak tiga dimensi laa.. Lalu, ada cara tambahan, yang berguna buat seterusnya, yaitu bagaimana ‘mencuri’ warna dari foto aselinya untuk di pindahkan ke corelous daisy?? gunakan eyedropper tool. Kalau di paint, [tempat nggambar2 bebasnya orang orang ber OS Windows; cari di Accesoris] namanya colour picker.

Paste image yang-kita-ingin-ambil-warnanya, klik sekali di foto bagian yang-ingin-kita-curi-warnanya, lalu arahkah cursor ke ‘rangka daisy’, tekan shift, nanti cursornya berubah bentuk menjadi ember tumpah [mksdnya siap untuk mewarnai] lalu klik. Maka kita berhasil mencuri warna dari foto aslinya. The Colour Thief. hehe

Komponen [2],[3] dan [4], ini sebenarnya modifikasi tekhnik sebelumnya. Sebut saja bentukan ini sebagai colar [colar: kerah karena menurut saya bentuknya mirip kerah] Cara membuat colar ini adalah (a) dengan membuat polygon dan beri sudut yang buanyak, 15 – 20 gitu, lalu (b) pas menggunakan distorsi, tarik sedikiiiit saja. Ini contoh gambar polygon dengan sudut yang banyak (kiri) dan setelah di distorsi (kanan):

Setelah itu copy – lalu paste di tempat itu juga. Lalu, ukurannya dikecilkan. paste lagi, lalu kecilkan lagi, lebih kecil dari colar kedua, lalu paste dan kecilkan lagi, lebih kecil dari colar ketiga dan seterunya hingga terbentuk tumpukkan colar yang lucuuuu.. Jangan lupa, outlinenya diganti warna yang lebih muda. Untuk colar terakhir, maka supaya mirip fotonya, saya memilih pattern fill dengan efek polkadot kecil keciiiiil, kayak gini.

Setelah itu, tinggal menyusun dan menumpuk numpuk komponen-komponen tadi. Gunakan iniiih Order2 ‘in  front of ‘.. ‘behind of’.. (nda tau namanya), sesuatu untuk menyusun ‘lapisan’ mulai dari kelopak daisy, dan colars. Susun yang rapi, yang paling besar dibawah, paling kecil di atas.

Maka.. jadilah sebuah Gerberarian Daisy yang cantik.

Alhamdulillah, yaa sudah, begitu saja… ^ ^ Silakan buat yang lebih bagus lagi dari apa yang saya buat. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Corelous Daisy [Bikin Daisy Pakai Corel]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s