Mengubah Warna, Font dan Ukuran Tulisan di Blog

Modifikasi Tulisan


(Font, Ukuran, Warna)


Untuk


Blog

Bismillah…

Bosan dengan jenis tulisan di blog yang itu itu saja…? Yang paling pol hanya di bold underline atau di italic??

Gimana cara mengubah ukuran, jenis dan warna tulisan/font di blog?

Ini hanya salah satu dari sekian banyak cara supaya tulisan di blog kita ada variasinya, tidak monoton. Intinya adalah html. Tapi yang belum bisa (saya juga belum bisa) jangan khawatir karena kita tidak akan berurusan langsung dengan kode2 itu. Tapi bagi yang akrab dengan html, mungkin ini sekedar ‘main – main’ aja. hehe.. bener ga?

Kita akan memakai Open Office,

Pertama tama, buka document baru di Open Office – Writter, dan tuliskan semua yang akan dimasukkan didalam blog, lalu silakan modifikasi tulisan tersebut baik font nya, warnanya dan ukurannya. Misalnya saya mau buat seperti tulisan judul diatas, seperti di teks berikut :

Jika sudah selesai, maka Save As file tersebut dengan format .html

Setelah itu, tutup dokumen tersebut, tetapi jangan keluar dari Open Office Writer tadi. Setelah itu, coba di buka lagi file tersebut, Langsung saja Ctrl + O, dan pilih file yang tadi. Setelah terbuka,, tampilannya kira2 akan seperti ini :

Lalu, lihat sumber html nya. Klik “View” > “HTML Source


Nah, maka akan muncul kode kode alien seperti ini :

Tenang, tenang, tidak perlu kita terjemahkan. Sekarang copy kode kode tersebut, lalu paste ke kolom pas kita mau bikin postingan itu, kan ada pilihan ‘visual’ dan ‘html’; Nah, klik tab yang “html‘. Yang ini :

Mau lihat hasilnya, tinggal klik tab sebelahnya, ‘visual‘ : ) *hampir selesai*

Udah kelihatan… alhamdulillah.. Sekarang, jika ada yang kurang pas, bisa di edit di ‘Visual’ saja, tidak perlu mengubah2 dari htmlnya… Supaya lebih meyakinkan, di preview preview dulu. Dan jadilah sudah… : )

Selesai. Cara yang sama juga dipakai untuk membuat tabel pada halaman web. Wallahu a’lam\

Kelamaan? Ribet?

Cara yang lebih praktisnya, Ubah font warna, highlight dan ukurannya sesuka kita di Open Office – Writter, lalu langsung Paste ke halaman WP kita, tapi di ‘tab’ Visual

yi

paste langsung ke halaman tab visual ini:

yu

Semoga yang sedikit ini bermanfaat

Alhamdulillahiladzi bi ni’matihi tathimmusshaalihaat

24 thoughts on “Mengubah Warna, Font dan Ukuran Tulisan di Blog

  1. mbk, kok blogmu item-item? btw, kalo soal warna bisa langsung dari wp-nya kan ya? Tapi nggak sekompleks itu sih optionnya. Syukron laki untuk ilmunya…

  2. Tapi…beideweh, meskipun sama-sama pake dasar kode HTML, WP sama MP itu rada beda dikit ternyata. Kalo WP kan pakenya XHTML versi 1 apa yah kalo gak salah inget…tapi kalo MP itu gak tahu deh yang HTML versi berapa atau malah pake yang XHTML. Buktinya, kemarin ana coba praktekin beberapa kode buat format text…modif warna, latar belakang sama ukurannya gitu…kalo yang MP kan bisa aja langsung …..*ketik tulisannya* , tapi kalo di wp itu harus pake … ==> pasti kudu pake span gituan dulu baru bisa ngefek

    Dan yang pasti…kok ini di WP gak membolehkan adanya marquee dan blink yah di body text nya…jadi kurang asyik…coba ahh di sini yang simpel aja

    kenapa gak bisa yah ==> yaaa gak tahu deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s