Catatan Tentang Sponge: Hewan Sponge itu Benar Adanya

Bismillah..

Kalau Spong B*b hampir semua orang tahu. Kalau hewan Sponge? beberapa teman tidak tahu kalau hewan sponge itu beneran ada. Yang mereka tahu, Sponge dalam film Sponge b*b itu adalah sponge cuci piring, karena bentuk dan warnanya yang kotak persis seperti busa cuci piring. Faktanya, hewan sponge yang asli tidak memiliki bentuk kotak-terpotong-rapih seperti itu. Hewan Sponge ini memang kurang populer dibanding teman2 hewan laut yang lain.

Tulisan ini saya buat karena ternyata banyak lho yang gak tahu kalau teman saya si hewan sponge ini benar2 ada :(  They’re really really exist and live with us in our planet gan!

Jadi Hewan Sponge itu bener ada ?

Ya. dia hewan, kebanyakan tinggal di dalam laut. Sponge ini hewan yang seluruh tubuhnya berpori2, dan hewan ini hewan yang  ‘sederhana’, atau bisa dikatakan hewan ‘tingkat rendah’. Bukan maksudnya ingin menyombongkan diri sendiri loh ya, tapi manusia dibanding sponge bahkan dibanding semua hewan lain ya memang sebaik baik ciptaan, kecuali sebagian manusia yang dikatakan AlQur-an seperti hewan ternak.

Disebut hewan ‘sederhana’ karena belum punya sistem syaraf, belum punya organ, belum punya sistem peredaran darah atau sistem pencernaan atau indra seperti mata, telinga dan mulut. Dia hidupnya ‘menempel’ di dasar perairan. Cara makan dia dengan cara menyaring air di sekitar dan memakan plankton.

Bagi hewan sponge, hidup itu sederhana: Duduk menanti rezeki berupa plankton setiap hari. : D

Kenapa dia Digolongkan Hewan?

Sponge sempat di kira sebagai ‘tanaman’ untuk beberapa tahun. Tapi jika ditanya lagi, apa kemiripan sponge dengan tanaman? karena dia hidup menempel? Jamur juga menempel dan dia bukan termasuk tanaman. Dan banyak juga hewan laut lain yang menempel/tertanam dibatuan/dasar samudra seperti anemon laut, kerang kerangan, dll

Alasan utama dia digolongkan sebagai hewan adalah cara makan dia. Sponge tidak berfotosintesis seperti tumbuhan tapi mereka menangkap makanannya yang disaring dari air yang melewati tubuhnya yang berpori. Tapi sponge tidak secara aktif memburu mangsanya. Mereka hanya diam dan menyaring air yang masuk ke pori pori yang ada di seluruh tubuhnya.

Alasan lain adalah bentuk mikroskopis selnya memiliki ciri ciri berupa sel hewan, bukan sel tumbuhan yang berdinding sel dan memiliki klorofil.

Dimana bisa menemukan sponge?

Kebanyakan sponge hidup di laut. tapi sponge juga bisa di temukan di air tawar, perairandangkal, atau zona pasang surut (intertidal zone).

Kalau mau lihat dan pegang langsung hewan sponge, coba jalan jalan ke Pantai-pantai di Gunung Kidul Yogyakarta, pas waktu surut. Kalau sedang surut, tiba2 tepi pantainya menghijau (Seperti gambar pantai Drini – Gunung Kidul disamping ini) karena banyaknya rumput laut disitu.  Whiihh.. indah nian. Diantara rumput laut itu bisa di temukan macam macam hewan, seperti bintang ular, bulu babi, kepiting, teripang, ikan tropis warna warni, sponge, dll. jadi jangan sampai tidak pakai alas kaki.

Apa sponge benar2 ‘spongy’ dan jika di tekan maka akan keluar airnya seperti busa cuci piring itu? Bentuknya kayak gimana? Warnanya?

Macamnya sponge cukup banyak. Ada yang ‘spongy‘ yang jika diberi tekanan maka akan kembali ke bentuk semula. Ada juga yang tidak bisa. Macem macem lah. Di zona pasang surut beberapa pantai Gunung Kidul situ sampai ada 40-an jenis sponge. Ada yang warnanya ungu, oranye, hijau, abu abu, hitam dengan bentuk yang macam2 juga.

Bentuk sponge sangat beragam. Ada yang berbentuk corong, ada yang seperti vas, ada yang tipis seperti ‘kipas’, ada yang seperti mangkuk, atau ada yang bulat, atau seperti pohon, atau gak jelas juga berbentuk apa. Bentuk sponge yang hidup di zona pasang surut ini kecil2, massive, ajeg dan lebih ‘tegar’ karena menyesuaikan dengan tempat hidupnya yang senantiasa berarus, dan tidak tenang. Kalau sponge di laut yang lebih dalam, biasanya besar2, dengan bentuk dan warna yang lebih heboh lagi.

Apa Sponge bisa dimakan?

Ketika sponge dibawa ke ‘darat’, baunya amis sangat, beberapa diantaranya berlendir, sebagai salah satu bentuk pertahanan mereka. Sama sekali gak ada keinginan untuk makan makhluq ini. Hasil searching di google juga mengatakan bahwa hewan ini tidak bisa kita makan, karena pada jenis tertentu mereka beracun dan spikulanya juga berbahaya.

Spikula itu ibarat ‘rangka’ bagi tubuh sponge. Dia mirip tulang tulang yang berukuran kecil dan tajam, ada yang tampak oleh mata telanjang, ada yang mikroskopis. Ukuran yang makroskopisnya kira2 seperti butiran ‘vetsin’ (lihat gambar disamping). Spikula ini ada yang tersusun dari ‘silika’, seperti kaca, ada juga yang dari Kalsium karbonat. Tapi sebagian hewan laut seperti beberapa jenis ikan, siput laut dan penyu memang memakanan sponge jenis tertentu.

Apa sumbangsih sponge bagi umat manusia? Bukan kah segala sesuatu tidak ada yang diciptakan sia sia

Yoa. Sponge ada manfaatnya. Ada jenis yang mengandung racun, tapi adapula yang justru memiliki senyawa bioaktif yang bermanfaat. Diantara hewan-hewan laut lainnya, yang paling banyak menghasilkan senyawa bioaktif ini adalah sponge. Senyawa-senyawa bioaktif yang bermacam macam ini diketahui dapat berfungsi sebagai senyawa anti kanker, anti virus tertentu, anti-pembusukkan, obat untuk penderita leukimia, malaria dan lymphoma, anti virus HIV, bahkan bisa dikembangkan untuk menghasilkan antibiotik. Woow..

Tapi kok gak pernah kedengaran obat2an dari bahan sponge ya?

Penelitian kan butuh dana yang besar. So far di Indonesia, penelitian zat bioaktif sponge terhenti di rak rak skripsi anak anak yang kuliah di Biologi atau Farmasi. Penelitian lebih lanjut, apa lagi produksi besar-besaran butuh uang banyak, teman teman.. Sejauh ini baru negara-negara maju yang serius meneliti bio-aktif dari hewan sponge ini.

semoga selingan ini bermanfaat : )

Diselesaikan Ahad, 23 September 2012

Sumber sumber googling:

http://www.blurtit.com/q206262.html
http://uk.answers.yahoo.com/question/index?qid=20070518165902AAsdMnA
http://wiki.answers.com/Q/Can_you_eat_an_phylum_porifera
http://www.mesa.edu.au/porifera/default.asp
http://www.wetwebmedia.com/sponges.htm
http://www.earthlife.net/inverts/porifera.htmlhttp://www.infusion.allconet.org/webquest/PhylumPorifera.html
http://marinenaturalproducts.blogspot.com/2011/02/maine-sponges-potent-souce-of-bioactive.html
http://phys.org/news/2012-02-sea-sponge-potential-source-medicines.html

..dan sedikit pengalaman pribadi ketika penelitian seminar: Identifikasi jenis jenis spikula sponge yang berada di pantai Drini, Sundak dan.. (aduh lupa satu lagi >.<) di Pantai Gunung Kidul Yogyakarta.

One thought on “Catatan Tentang Sponge: Hewan Sponge itu Benar Adanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s