Pengaruh Al-Qur’an terhadap Bahasa Arab

Bismillah..

Jikalau Presiden RI menetapkan dan memilih salah satu dari ribuan bahasa daerah di Indonesia sebagai bahasa nasional, wuahh.. maka terangkatlah derajat bahasa tersebut; dan dipilih pasti karena ada apa-apanya.. pasti ada sesuatu yang spesial.

Maka, sungguh Allah, Rabb Pemilik Alam Semesta ini telah memilih Bahasa Arab ini sebagai bahasa firman-Nya yang mulia. Dan Allah memilih bahasa arab dari seluruh bahasa di dunia sebagai bahasa AlQur’an bukannya sembarang pilih dan tanpa hikmah. Pastinya bahasa tersebut spesial sekali.

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya” Qs Yusuf (12) : 2

Bangsa arab sebelum datangnya Islam telah menaruh perhatian besar terhadap bahasa mereka dari sisi keindahan susunan dan bunyi, kekuatan atsar (bekas), kedalaman makna, dan kefashihan penyampaian. Jadi bahasa arab sudah cukup spesial kala itu. Kemudian turunlah Alqur’an yang “tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (dimasa yang lalu maupun dimasa mendatang) , yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana, Maha Terpuji..” Qs, Fussilat (41:42) dan bertambahlah spesial-lah bahasa arab.

Dan AlQur’an telah datang dengan mukjizat pada lafadz nya, maknanya, uslub (gaya) penyampaiannya dan hukum hukum yang terkandung didalamnya. Ia mengalahkan orang orang yang fasih di zaman itu, bahkan menantang mereka untuk membuat satu surat saja semisal AlQur’an dalam hal kefasihannya dan kekuatan bayan (penjelasan) nya. Padahal AlQur’an ini turun dalam bahasa mereka, Bahasa Arab. Menakjubkan!

Dan ketika AlQur’an ini turun, tentunya ia memberikan pengaruh terhadap bahasa arab, bahasa yang terpilih untuk menyapaikan Kalam-Nya; Diantaranya:

1. AlQur’an memperindah dan menghias lafadz bahasa arab.

2. Muncul makna makna baru dalam lafadz bahasa arab untuk mencocokkan dan memahamkan syariat Islam. Misalnya shalat, zakat, mukmin, kaafir, dan munaafiq.

3. Terjaganya bahasa arab dari kepunahan, sebagaimana Alllah menjaga AlQur’an. “Sesungguhnya kami (yang) menurunkan Dzikr dan kami pula yang menjaganya..” Qs Al Hijr: 9. Dan Alhamdulillah bahasa Arab fushah hari ini adalah bahasa yang sama dengan bahasa arab ketika Al-Qur’an diturunkan. Tidak seperti bahasa kitab suci agama lain yang sebagian besar bahasanya tidak bisa dipahami lagi oleh orang orang zaman sekarang karena bahasa tersebut telah lama ditinggalkan dan hampir punah.

4. Tersebarnya bahasa arab ke seluruh penjuru dunia. Dimana saja dijumpai Islam, maka InsyaaAllah akan dijumpai bahasa arab. Dan tidak tersisa permukaan bumi ini kecuali telah sampai syiar Islam kepadanya.

5. Bahasa Al-Qur’an ini di kuatkan pula dengan kesatuan lahjah (Logat), yaitu lahjah Quraisy, kabilahnya Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam. Kabilah terpandang yang masyhuur akan kefasihan dan keindahan berbahasa.

6. berikutnya, barulah dari bahasa arab ini berkembang ilmu-ilmu diniyyah seperti ilmu tafsiir, ‘uluumul hadiits, fiqh, dan ushul Fiqh.

7. Dan dari bahasa arab ini juga muncul ilmu-ilmu tentang kaidah bahasa arab seperti nahwu, shorof.

Demikianlah AlQuran menghiasi dan mengangkat derajat bahasa arab menjadi bahasa yang mulia, bahasa yang jelas dan gamblang, bahasa yang terjaga dari perubahan apalagi kepunahan, bahasa yang teramat indah untuk di lantunkan, baik oleh seorang yang bukan qaari’ sekalipun; bahasa paling fasih dan bahkan setiap kaidahnya mengandung hikmah syar’iyah; dan masih banyak lagi hikmah dibalik AlQur’an yang berbahasa arab iniyang belum kita (atau saya) ketahui.

Semoga yang sedikiiiiiit ini menambahkan pengagungan kita terhadap Al-Quran al kariim dan menambah keyakinan kita bahwa AlQuran benar benar mukjizat yang tetap berlaku hingga akhir zaman..

Allahumma shalli ‘alaa muhammad!

Disempurnakan Jumat 10 Ramadhan 1434 yang penuh berkah | 19 Juli 2013

———————————————————————

Sumber2:

Al Adaab – Silsilah Ta’limiyyah Mustawa Tsaalis Bab: ‘Al Adaab fii Ashri Sodril Islam’ hal 89 | Silakan baca online atau download bukunya disini  dengan penambahan2

The Glorious Quran

*rasanya pengantarnya dan isinya agak tidak nyambung ya.. tapi gapapa lah..

related post:

Berbahasa Fushah | Fasih Berbahasa Arab

Jawaami’ul Kalaam جَوَامِعِ الْكَلامِ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s