Perkara Yang Dapat Menghilangkan Karat Hati

Seseorang berkata kepada al-Hasan, “Wahai Abu Sa’id, aku mengeluh kepadamu tentang kerasnya hatiku.” Dia menjawab, “Lelehkan dengan dzikir.”

Diriwayatkan bahwa seseorang bertanya kepada Aisyah, ‘Apakah obat hati yang keras?” Maka ia memerintahkannya supaya menjenguk orang yang sakit, mengantar jenazah, dan mengingat kematian.”

Seseorang mengadukan hal itu kepada Malik bin Dinar, maka dia mengatakan, “Gemarlah berpuasa. Jika kamu masih merasakan kekerasannya, maka panjangkanlah qiyamul lail. Jika kamu masih merasakan kekerasannya, maka kurangilah makan.”

Ibnu al-Mubarak ditanya, “Apakah obat penyakit hati?” ia menjawab, “Mengurangi pertemuan

Abdullah bin Khabiq berkata, “Allah menciptakan hati sebagai tempat untuk berdzikir, tapi berubah menjadi tempat syahwat. Dan tiada yang dapat menghapus syahwat dari hati kecuali rasa takut yang mendalam, atau kerinduan yang menggelisahkan (kepada Allah).”

Ibrahim al-Khawwash berkata, “Obat hati ada lima perkara: membaca al-Qur’an dengan perenungan (tadabbur), perut yang kosong (puasa), qiyamul lail, tadharru (berdzikir dan berdoa) pada malam hari dan bergaul dengan orang orang shalih.”

————————————————————

DISALIN dari Buku “Ibnul Jauzi bertutur tentang Cinta dan Syahwat” (Kitab asli: Dzammul Hawaa’) – Bab: Menjaga hati dari Kesibukan dan Fitnah

Nasihat diatas TERUTAMA untuk SAYA pribadi

(malam) Jumat 15 Agustus 2013

Samarinda

3 thoughts on “Perkara Yang Dapat Menghilangkan Karat Hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s