MUDAH Memahami Tasrif Istilahi – bag 1

Bismillah..

Tasrif istilahi, tasrif 22 wazan mulai dari fiil madhi hingga isim alat ini emang menantang sekali. Mudah-mudahan kita nggak ciut duluan melihat 22 wazan berjajar, memanggil-manggil minta dihapal.

Tasrif Istilahi 22 wazan, bagian yang dii=lingkari merah itu 6 tsulatsi mujarod

Tasrif Istilahi 22 wazan, bagian yang dilingkari merah itu 6 tsulatsi mujarod

Kalau kita kenal lagi lebih dekat, asal usul fiil madhi dari 22 wazan itu cuma dari tiga wazan fiil madhi, yang selanjutnya masing masing dari tiga wazan itu memungkinkan memiliki fiil mudhori yang berbeda, sehingga total wazan pokok itu ada 6.

Inilah dia 6 wazan tsulatsi mujarrod* (lihat gambar diatas) yang terkenal itu.

Tiga wazan pokok

Dan berikut ini contoh2nya:

text4781

Baru selanjutnya dari enam wazan pokok ini, mengalami penambahan satu huruf sehingga disebut fiil ruba’i (ruba’ dari kata raabi/arba’ yang berarti empat) :

rubangi

..selanjutnya ada yang mengalami penambahan dua huruf sehingga disebut fiil khumasi (khumasi dari kata khomsah yang berarti lima) :

khumasi

Dan ada yang mengalami penambahan tiga huruf sehingga disebut fiil sudasi (sudasi berasal dari kata saadis berarti ke-enam):

sudasi

Kabar gembiranya lagi, fiil fiil tsulasi mujarrod yang ketambahan huruf sehingga menjadi fiil rubai, khumasi dan sudasi itu memiliki arti yang masih berkaitan satu sama lain. Misalnya سَاَلَ berati bertanya. Namun ketika menjadi تسائلَ artinya menjadi saling bertanya tanya. Lalu غفر berarti mengampuni. Ketika menjadi استغفر artinya menjadi ‘memohon ampun’. Satu lagi, نصر berarti menolong. Tapi ketika menjadi انتصر artinya berati ‘menang’. Masih dekat kan?!

 

Uraian diatas adalah tentang fiil tsulatsi mujarrod (fiil yang huruf aslinya 3) Sedangkan Tasrif Istilahi terdiri dari 18 fiil tsulatsi, dan 4 fiil ruba’i. Mudah-mudahan *entah kapan, tak berani menjanjikan tulisan ini  bisa dilanjut untuk fiil ruba’inya; In syaa Allah

—————————————————-

Sumber : Mukhtarot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s