Empat Tips Sederhana Mendesain Pic Dakwah 

bismillah..

Here‘ s some simple tips ala irilaslogo. Sebelumnya, perlu diketahui, saya bukan ahli desain. Tapi saya, sebagai penikmat desain dan suka dengan desain2an akan mencoba mewakili tentang bagaimana desain yang enak dipandang mata, sampai ke hati dan eye cacthing, menurut saya. Semoga dapat mewakili pendapat kebanyakkan orang.

1. Gunakan kalimat-kalimat Yang singkat,  to the point,  padat makna, jelas, dan membekas.. Seperti sifat perkataan Rasulullah shalallahualaihi wasallam yang disifati oleh Allah dengan ‘Jawaami’ul Kalim’. Semakin sedikit Dan pendek kalimatnya,  mudah-mudahan semakin efektif, semakin besar space  semakin besar juga kemungkinan fontnya. Misalnya seperti pic dibawah ini,

Sebaiknya hindari menggunakan kalimat-kalimat yang bertele-tele, tidak efektif, tidak jelas mana intinya. Hindari juga terlalu banyak tulisan didalam gambar, apalagi satu artikel di copas di satu gambar.  Tidak ada yang ngelarang.. cuma, mungkin tidak akan banyak yang betah berlama-lama memandangi satu gambar untuk membaca tulisan panjang. Selain itu,  semakin panjang kalimat di sebuah gambar, semakin kecil space, semakin kecil pula tulisannya. Kalaupun memang mengharuskan ada banyak tulisan, siasati dengan menggunakan font-font yang jelas, tebal, gak keriting (font script)  dan tipis-tipis.. Diakhir proses desain, lihat lagi hasil akhirnya. Nyamankah dimata, atau bikin migren pembacanya. Misalnya seperti dibawah ini.

2. Perhatikan kontras pada gambar. jika background berwarna terang,  maka tulisan sebaiknya berwarna gelap. Sebaliknya,  jika background berwarna gelap,  maka tulisan sebaiknya berwarna terang, agar nyaman dimata pembaca.  Misalnya:

jika background berwarna terang Dan tulisan juga berwarna terang, atau backgroundnya gelap dan tulisannya berwarna gelap maka tulisannya akan kurang jelas terbaca. Kayak gini,

Tapi kalau tetap mau menggunakan warna warna yang cerah untuk background dan tulisan atau warna-warna yang gelap, bisa disiasati dengan menggunakan stroke atau garis tepi, shadow, atau background atau highlight di tulisannya agar tulisan kelihatan menonjol,  gak ‘tenggelam’ diantara warna-warna sekitarnya. Coba lihat ini:

3. Jika ingin menggunakan background berupa gambar dengan warna yang ‘ramai’,  bermotif-motif,  gak polos,  maka tulisannya sebaiknya kontras dengan warna background. Atau,  berikan background transparan dibelakang teks. Atau boleh juga memakai stroke, shadow, highlight dengan warna yang kontras. Intinya, bagaimana caranya agar mata yang melihat ini nyaman tanpa perlu usaha memicingkan mata ketika melihat gambar tersebut. Coba lihat gambar dibawah ini:

Hindari menggunakan warna tulisan terang untuk background yang ramai. Soalnya tulisan bakal kurang jelas kebacanya.

4. Sebaiknya gunakan tulisan dengan font nonitalic, kalau perlu hurufnya adalah huruf cetak-kapital Yang jelas terbaca. Lagi-lagi demi kenyamanan mata yang memandangnya. Kayak gambar ini:

Hindari font-font italic-keriting (font script) yang sulit terbaca. Apalagi font-font wedding yang perlu memicingkan mata untuk membacanya. Apalagi ukurannya kecil-kecil.. Memang sih,  ada beberapa jenis font italic yang masih nyaman dibaca. Yah, itu kembali kepada kenyamanan mata masing-masing.
Bisa tetap memakai font script tapi sebaiknya ukurannya besar dan lebih tebal sehingga terbaca oleh audience. Atau gunakan font script ini hanya pada judul saja, dan hindari menggunakannya berparagraf-paragraf. Puciiiinng..


Demikian tips singkat menurut hemat saya. Pastinya serial desainer punya ke-khas-an masing-masing.  Semoga bermanfaat..

Dibantu murojaah oleh mbak siska (cizkah.com); jazaahallahu khaira

Advertisements

One thought on “Empat Tips Sederhana Mendesain Pic Dakwah 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s