Mendesain Dengan Smartphone: Berkreasi Maksimal dengan File PNG

Bismillah

Ok, ini ceritanya sharing designing tips for the dumb ya, bukan untuk yang expert. Kalo yang sudah expert mungkin sudah sejak lama tahu tentang ini. Saya baru tau soalnya.. Dan ini desainnya pakai hp, dan mungkin hanya memerlukan waktu 10-15 menit aja, gak lama-lama membatik didepan hp. Cocok untuk emak-emak beranak yang sibuk gak sempet bekerja di laptop. Atau gak punya laptop lagi kayak saya.. hehe. Apakah bisa diterapkan untuk desain di laptop? Bisa banget insyaaAllah.. Kalau di hp saja bisa, apalagi di laptop.

Aplikasi apa yang dapat dipakai? Pada dasarnya yang kita butuhkan itu aplikasi yang memiliki fitur ‘insert image’. Kalau di android, saya pakai TextgramPhonto juga bisa tapi yang di iPhone ya.. Kalau Phonto di android, ga ada fitur itu.

Apa itu file PNG? Menurut wikipedia, PNG atau Portable Network Graphic is a raster graphics (dot matrix data structure) file format that supports lossless data compression. (??) Menurut irilaslogo, PNG file adalah ‘printilan’ gambar dengan background transparan, yang dapat ditambahkan di media grafis lainnya. Kira-kira begitu.. File-file png pendukung ini bisa di download dari Google. Bisa juga dibikin sendiri kalau ada waktu; tapi bukan itu yang mau kita bicarakan disini. Semua kategori gambar mulai dari bunga, hewan sampe ikon-ikon media sosial, InsyaaAllah ada, sudah jadi, siap pakai dan tinggal di download. Dari yang gratis hingga yang berbayar, ada. Jadi, kalau ada yang tinggal download, kenapa harus bikin sendiri? hehe.. Kalau boleh merekomendasikan, ada situs yang menyediakan file-file PNG cantik..ciamik banget, yaitu pngtree.com. Situsnya bisa gratisan, tapi dibatasi 3 file perhari.

How to Start Designing?

1. Tentukan mau mendesain apa, themanya apa, isinya apa dan kira-kira perlunya gambar apa. Misalnya nih, saya mau buat gambar nasihat, mungkin themanya girly saja.

2. Langkah selanjutnya adalah mencari dan mendownload file-file png yang diperlukan. Karena themanya girly, mungkin saya akan cari frame bunga, pita, blossom, dan sejenisnya. Favorit saya ya situs pngtree tadi.

Screenshot_20171015-061759

Penampakkan pngtree.com syanthieq syanthieq yaa bunganyaa

3. Mulai bekerja di Textgram. Pilih backgroundnya, tulis isi nasihatnya, lalu finishing dengan menambahkan file-file PNGnya.

Screenshot_20171015-062321 Screenshot_20171015-062533Screenshot_20171015-063716

Pasti pada bilang,  “iih..  Lucu banget..” Iyaa gambar-gambarnya lucu2 banget. Selanjutnya gambar file pngnya bisa di duplikasi, dibesar-kecilin, ditransparan-in, diputar searah jarum jam atau berlawanan, suka-suka deh pokoknya.

4. (Optional) Kita bisa menambahkan watermark berupa alamat medsos yang ikon-ikonnya bisa di download. Kalau rajin banget dan memang diperlukan bisa bikin sendiri watermark pribadi dalam bentuk file PNG yang besok-besok kalau mau bikin pic, tinggal insert insert aja seperti yang sering kita temui di bagian bawah pic-pic dakwah itu.

Screenshot_20171015-065207

5. Jika kita ada menyebut nama Nabi, jangan lupa bershalawat.. Nah, shalawat juga ada png nya. Begitu juga dengan lafadz ‘subhaanahu wa ta’aala”

6. Sudah deh! Selesai! Gampang banget kan.. Cepet banget pula.

textgram_1508025204
Kalau dilihat-lihat lagi, artikel ini prinsipnya sama kayak artikel di blog ini 7 tahun yang lalu, “Modifikasi Image Hasil Scanner” cuma yang ini lebih modern aja.. Gambarnya gak perlu dipotong-potong pake cut out lab tapi langsung comot file PNG di google. Ah, waktu cepat sekali berlalu..

Semoga yang sangat sedikit ini bisa bermanfaat buat orang banyak. Nas-alullahal ikhlaas..

—–

15 Oktober 2017, Menjelang sarapan di Hotel Ibis Cawang, Jakarta

————————————————–

https://en.wikipedia.org/wiki/Portable_Network_Graphics

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s